Rabu, 14 Juni 2017

Lia Mulyaningsih :penelitian deskripsi (Survei_)

Nama : Lia M
TTL : Cianjur, 06 Maret 1993
sekolah : STKIP Persatuan Islam Bandung
Angkatan : 2011 Tahun Lulus 2015
Jurusan : Pendidikan Sejarah
Judul skripsi : 
“ Perkembangan budidaya ikan Keramba Jaring Apung Dan Dampaknya Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat Calingcing ( Desa Sindangjaya Kab. Cianjur 1990-2000)” .

malakah 


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Metode survei merupakan metode penelitian yang cukup populer dan banyak digunakan dalam penelitian. Ada tiga hal yang melatar belakangi popularitas dan banyaknya digunakan metode survei. Pertama, survei bersifat serbaguna (versatility), dapat digunakan untuk menghimpun data hampir dalam setiap bidang dan permasalahan. Penelitian skripsi , tesis, bahkan disertasi banyak dilakukan dengan menggunakan metode survei. Kedua, penggunaan survei sangat efisien dapat menghimpun informasi yang dapat dipercaya dengan biaya yang relatif murah. Ketiga, survei menghimpun data tentang populasi yang cukup besar dari sampel yang relatif kecil.
Metode survei bertujuan untuk memperoleh gambaran umum tentang karakteristik atau berbagai aspek populasi yang terkait dengan permasalahan yang dikaji, sehingga metode survei sangat diperlukan. Untuk itu kami membuat makalah tentang penelitian survei ini, untuk memberikan gambaran kepada khalayak ramai tentang apa itu penelitian survei, tujuan, karakteristik, prosedur serta kelebihan dan kekurangan penelitian survai itu.
B.     Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang dapat diambil, yaitu:
1.      Bagaimana definisi penelitian deskripsi (survei) itu?
2.      Bagaimana tujuan penelitian deskripsi (survai) ?
3.      Bagaimana karakteristik penelitian deskripsi (survai)?
4.      Bagaimana jenis-jenis penelitian dekripsi  (survai)?
5.      Bagaimana kelebihan dan kekurangan penelitian deskripsi atau  survai?
C.    Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini, yaitu:
1.      Mengidentifikasi definisi penelitian deskripsi (survai).
2.      Mengidentifikasi tujuan penelitian deskripsi (survai).
3.      Mengidentifikasi karakteristik penelitian deskripsi (survai).
4.      Mengidentifikasi jenis-jenis penelitian  deskripsi (survai).
5.      Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan penelitian deskripsi (survai).
D.    Manfaat Penulisan
Adapun manfaat penulisan makalah ini, yaitu:
1.      Bagi penyusun maupun pembaca dapat menambah wawasan dan pemahaman mengenai metode penelitian survai.
2.      Sebagai salah satu bahan belajar dalam pembelajaran mata kuliah Pelelitian Pendidikan
 


BAB II
PEMBAHASA
A.    Definisi Penelitian Deskripsi (Survei)
Survei biasanya digunakan untuk mengumpulkan informasi dengan pengamatan dan pemeriksaan terhadap suatu subjek. Adapun pengertian penelitian survei menurut para ahli, yaitu :
·         Penelitian Survei adalah jenis penelitian yang mengumpulkan informasi tentang karakteristik, tindakan, pendapat dari sekelompok responden yang representative yang dianggap sebagai populasi.
·         Penelitian survei merupakan salah satu alat pengukuran yang paling penting  yang banyak diterapkan dalam penelitian sosial.
·         Menurut Muhammad Ali dalam bukunya yang berjudul Metodelogi dan Aplikasi Riset Pendidikan, “Survai pada dasarnya merupakan pemeriksaan secara teliti tentang fakta atau fenomena perilaku dan sosial terhadap subyek dalam jumlah besar. Dalam riset pendidikan, survai bukan semata-mata dilakukan untuk mengumpulkan  data atau informasi, seperti tentang pendapat atau sikap, tetapi juga untuk membuat deskripsi komprehensif maupun untuk menjelaskan hubungan antar berbagai variabel yang diteliti.”(Ali, 2010)
·         Penelitian Survei adalah suatu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok, lazimnya dengan menguji hipotesis.
·         Penelitian survei selalu dikaitkan dengan sampel, sehingga penelitian survei (survey research) juga disebut sampel survei.
Jadi, penelitian survai merupakan salah satu jenis metode penelitian deskriptif yang dilakukan pada populasi besar maupun kecil terhadap fenomena yang berkenaan dengan berbagai aspek populasi tersebut untuk memperoleh informasi yang aktual.
B.     Tujuan Penelitian Deskripsi  (Survei)
Tujuan penelitian survei ditunjukan untuk:
·         Menghasilkan deskripsi beberapa aspek dari populasi yang dipelajari dan memerlukan informasi dari subjek yang dipelajari.
·         Mengumpulkan informasi tentang variabel dari sekelompok objek atau populasi
·         Survei digunakan untuk mengukur gejala-gejala yang ada tanpa menyelidiki mengapa gejala-gejala tersebut ada. (Wirartha, 2006)
·         Memperoleh gambaran umum tentang karakteristik atau berbagai aspek populasi
·         Mengumpulkan data berkenaan dengan sikap, nilai, kepercayaan, pendapat, kebiasaan, perilaku dan lain-lain.
·         Mencari informasi faktual secara mendetail yang sedang menggejala
·         Mengidentifikasi masalah-masalah
C.    Ruang Lingkup Penelitian Deskripsi  (Survei)
Survei mempunyai dua lingkup, yaitu sensus dan survei sempel. Sensus adalah survei yang meliputi seluruh populasi yang diinginkan, sedangkan sampel dilakukan hanya pada sebagian kecil suatu populasi. (Wirartha, 2006)
D.    Karakteristik Penelitian Deskripsi  (Survei)
Adapun karakteristik dari penelitian survei, yaitu:
a)      Tujuan utama survei adalah untuk menghasilkan statistik, deskriptif kuantitatif, atau deskripsi dalam angka tentang berbagai aspek populasi yang diteliti.
b)      Cara utama dalam pengumpulan informasi adalah dengan mengajukan pertanyaan kepada orang yang jawabannya kemudian merupakan daya yang akan dianalisis.
c)      Biasanya informasi itu dikumpulkan dari sebagian saja dari populasi atau sampel, bukan dari seluruh subyek yang menjadi anggota populasi.
a.      Ciri-ciri penelitian deskripsi (survei), (Masyhuri & Zainuddin 2008: 40)
1.      Memberikan gambaran terhadap fenomena-fenomena
2.      Menerangkan hubungan (korelasi)
3.      Menguji hipotesis yang diajukan
4.      Membuat prediksi (forcase) kejadian
5.      Memberikan arti atau makna atau implikasi pada suatu masalah yang diteliti. Jadi penelitian deskripsi mempunyai cakupan yang lebih luas.

E.     Jenis – Jenis Penelitian Deskripsi (Survei)
a.       Metode survei adalah suatu usaha untuk mengumpulkan data (satu atau beberapa variabel) dari anggota populasi untuk menentukan status populasi pada waktu dilakukan penelitian. Pada survei, peneliti menginferensi minat populasi berdasarkan respon-respon dari sampel terpilih yang diambil dari populasi. (sumanto 1995:79)
b.      Metode Deskripstif  berkesinambungan adalah kerja penelitian yang dilakukan nsecara terus menerus atas suatu objek penelitian. Seringklai dilakukan dalam penelitian masalah-masalah sosial, yang melihat  fenomena-fenomena dan kekuatan-kekuatan sosial yang dilihat perkembangannya secara menyeluruh dan berkesinambungan dalam waktu yang cukup lama. (Masyhuri & Zainuddin 2008:40)
c.       Penelitian studi kasus dan lapangan adalah penelitian tentang status subjek penelitian yang berkenaan dengan suatu fase spesifik atau khas dari keseluruhan personbalitas, penelitian yang menekankan pada penelitian sosial, kecenderungan pendekatannya adalah induktif dan penelitian identik dengan penelitian bersifat kualitatif.  (Masyhuri & Zainuddin 2008:41)
d.      Penelitian komparatif adalah sejenis penelitian deskriptif yang ingin mencari jawaban secara mendasar tentang sebab-akibat dengan menganalisis faktor-faktor penyebab terjadinya atau munculnya suatu fenomena tertentu.
e.       Analisi kerja dan aktivitas merupakan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini ditujukan untuk menyediliki secara terperinci aktivitas dan pekerjaan manusia dan hasil penelitian tersebut dapat memberikan rekomendasi-rekomendasi untuk keperluan masa yang akan datang.
f.       Studi waktu dan gerakan adalah penelitian dengan metode deskriptif  yang berusaha untuk menyelidiki efesiensi produksi dengan mengadakan studi yang mendetail tentang penggunaan waktu serta perilaku pekerjaan dalam proses produksi.
F.     Kelebihan Penelitian Deskripsi  (Survei)
Kelebihan dari penelitian survei, yaitu:
a)      Penelitian survai bersifat sebaguna (versatility), dapat digunakan untuk menghimpun data hampir dalam setiap bidang dan permasalahan.
b)      Penggunaan survei cukup efisien (efficiency) dapat menghimpun informasi yang dapat dipercaya dengan biaya yang relatif murah.
c)      Survai menghimpun data tentang populasi yang cukup besar dari sampel yang relatif kecil.
d)     Dapatdigunakanberbagaiteknikpengumpulan data sepertiangket, wawancara, dan observasi
G.    Kekurangan Penelitian Deskripsi  (Survei)
Adapun kekurangan dari penelitian Survei, yaitu:
a)      Mutu informasi sangat bergantung pada kemampuan dan kemauan responden untuk bekerjasama, khususnya jika topik yang sedang diteliti terlalu sensitif
b)      Terlalu sering para responden merasa diharuskan mengajukan opini padahal mereka tidak memilikinya, sehingga keabsahan jawaban menjadi sulit
c)      Para responden juga bisa menerjemahkan pertanyaan atau konsep secara berbeda dari yang dimaksud oleh peneliti













BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Penelitian survai merupakan salah satu jenis metode penelitian deskriptif  yang dilakukan pada populasi besar maupun kecil terhadap fenomena yang berkenaan dengan berbagai aspek populasi tersebut untuk memperoleh informasi yang aktual. Cara utama dalam pengumpulan informasi adalah dengan mengajukan pertanyaan kepada orang yang jawabannya kemudian merupakan daya yang akan dianalisis. Teknik utama yang digunakan dalam pengumpulan data survai adalah bertanya. Penelitian survai ini serbaguna dan cukup efisien digunakan dalam penelitian. Namun penelitian survai ini sangat bergantunga kepada kemampuan dalan kemauan responden untuk bekerjasama.














DAFTAR PUSTAKA
Ali, M. (2010). Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Bandung: Pustaka Cendikia
Utama.

Sumanto, (1995). Metodologi penelitian sosial dan pendidikan aplikasi metode kuantitatif
dan statistika dalam penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Masyhuri, & Zainuddin, M. (2008). Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dan Aplikatif.
Bandung: PT Refika Aditama.

Wirartha, I. M. (2006). Metode Penelitian Sosial Ekonomi. Yogyakarta: ANDI.

Syaodih sukmadinata,nana. 2007. Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar